Skip to main content

Dengan berbagai kesibukan yang dilalui seharian penuh, seringkali ritual membersihkan wajah atau cleansing jadi terlupakan. Padahal, dokter spesialis kecantikan dan estetika, Dr. Maria Charlotte menjelaskan, cleansing merupakan perawatan paling mendasar untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

“Cleansing itu wajib walaupun tidak memakai make up,” ujar Maria.

Agar terhindar dari segala permasalahan kulit, menurut Maria, ada beberapa ritual perawatan yang perlu dilakukan secara rutin. Pertama yaitu membersihkan wajah dari make up dan debu kotoran yang menempel. Tujuannya agar kulit bisa bernafas sehingga bisa mengembalikan kekenyalan kulit.

Setelah itu, langkah selanjutnya menggunakan toner. Toner tidak hanya berfungsi membersihkan residu seperti minyak dan sisa make up pada wajah. Toner juga bisa membantu memperbaiki dan menghaluskan kulit dengan mengurangi tampilan bintik hitam.

Untuk melembabkan kulit, perlu juga menggunakan pelembab atau moisturizer. Pada area badan, Maria menyarankan untuk mengombinasikan pelembab dengan body oil ketika mandi untuk menghidrasi serta melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi.

Bagi mereka yang selalu aktif dengan mobilitas tinggi, Maria mengingatkan untuk selalu menggunakan tabir surya bahkan di area sekitar mata sekalipun. “Di negara tropis seperti Indonesia butuh tabir surya. Matahari sangat berbahaya dari pukul 8 pagi sampai matahari terbenam. Aplikasikan setiap tiga jam sekali,” kata Maria.

 

Sumber : Republika.co.id

 

Leave a Reply