Skip to main content

Kopi diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian baru bahkan menyebutkan, manfaat kopi bisa dirasakan tanpa harus menyeruputnya. Cukup dengan mencium wanginya saja akan membantu meningkatkan kemampuan otak.

Penelitian dilakukan oleh Sekolah Bisnis Stevens bekerja sama dengan peneliti dari Universitas Temple dan perguruan tinggi Baruch. Para peneliti mencari tahu apakah wangi kopi cukup mampu meningkatkan kemampuan kognitif, meski tanpa mengonsumsi kafein.

Penelitian melibatkan dua grup mahasiswa yang sedang mengerjakan sebuah tes. Sebagai uji coba, ruangan salah satu grup diberi wewangian kopi. Masing-masing grup tersebut berisi 100 peserta.

Selain uji coba langsung dengan wewangian kopi, tim peneliti juga melakukan survei terhadap 200 orang peserta. Melalui survei, para peserta ditanyai tentang keyakinan mereka apakah wewangian ada kaitannya terhadap performa seseorang.

Hasil survei menunjukkan bahwa para peserta mempercayai wangi kopi bisa meningkatkan kesadaran dan energi mereka dibandingkan wewangian bunga. Hasil penelitian dan survei menunjukkan bahwa mencium wewangian kopi memiliki manfaat yang sama dengan menyeruput kopi, dilansir Malay Mail Online.

 Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply