Skip to main content

Tubuh yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang memadai maka keseimbangan tubuhnya akan terganggu dan menyebabkan munculnya keluhan kesehatan . Daya tahan tubuh manusia  (pada balita, anak anak, dewasa dan lanjut usia) pada hakekatnya berbeda beda tergantung dengan kebiasaan hidupnya atau gaya hidupnya yang telah sesuai dengan standar kesehatan atau tidak.

Inilah cara sederhana tetapi manjur untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada balita, anak anak, orang dewasa dan pada lanjut usia , jika dilakukan setiap hari :

  1. Melakukan olahraga

Sepadat apapun aktifitas seseorang hendaknya melauangkan waktunya untuk berolahraga. Olahraga ringan dapat dipilih atau sesuai dengan kemampuan tubuh, asalkan dilakukan dengan konsisten, misalnya seminggu dua kali atau satu kali dalam seminggu. Bagi para balita dan anak anak dapat melakukan penjemuran rutin dibawah sinar matahari pagi . Sinaar matahari pagi memiliki kandungan vitamin D yang tinggi sehingga mampu memadatkan dan memperkuat tulang bagi anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sinar matahari juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar seseorang tidak mudah jatuh sakit.

Pilihlah olahraga yang dapat anda lakukan sesuai dengan kemampuan yang setidaknya tidak menguras tenaga, waktu dan biaya yang mahal. Olahraga dapat berupa lari pagi dibawah sinar matahri pagi, bersepeda ria, berenang, berjalan cepat atau senam yang diringi musik. Olahraga apapun dapat membakar lemak jaahat dalam tubuh dan membuang racun dalam tubuh melalui keringat. kondisi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Tubuh yang mengeluarkan banyak tenaga dan tidak diiringi dengan istirahat yang cukup dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi tidak normal terutama hormon dan ion tubuh akan mengalami gangguan yang menyebabkan dehidrasi dan daya tahan tubuh melemah.

Jika kurang istirahat maka organ-organ tubuh dipaksa untuk bekerja berat sedangkan tubuh butuh istirahat agar kembali bugar pada keesokan harinya. Kondisi yang terus menerus kurang istirahat membuat daya tahan menurun secara bertahap dan memudahkan radikal bebas lewat udara yang dihasilkan dari beberapa partikel beracun masuk kedalam tubuh lewat rongga hidung dan mulut yang mengakibatkan tubuh mudah untuk terjangkiti penyakit.

  1. Hindari stres yang berlebihan

Pada dasarnya stres sangat dibutuhkan tubuh untuk merespon dan melindungi tubuh dari ancaman dari tubuh. ketika seseorang stres hormon tubuh akan melepaskan semacam zat yang dapat mengaktifkan pembuluh darah dan aliran darah menjadi semakin lancar. Tetapi jika stres berlebihan justru akan mengganggu keseimbangan hormon dan ion tubuh sehingga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Jika hormon dalam tubuh tidak dapat berkerja dengan baik dan metabolisme terganggu, bisa dipastikan dayaa tahan tubuh anda akan menurun dan anda akan mudah jatuh sakit.

  1. Gaya hidup sehat

Mengkonsumsi makana bernutrisi tinggi dan rajin berolahraga belum dapat dikatakan bahwa anda telah mempunyai gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat berlaku untuk segala usia dipedesaan dan diperkotaan, berupa membersihkan pakaian, membersihkan rumah, selokan, membakar sampah yang menumpuk, mencuci tangan setiap kali habis melakukan kegiatan, melakukan berkebun untuk penghijauan dan lain lain.

  1. Berfikir positif

Ketika seseorang selalu berfikir positif tubuh akan memeluarkan hormonnya untuk menetralisir segala bentuk radikal bebasa yang ada disekitar kita dengan cara mengoptimalkan kinerja setiap organ tubuh.  Berfikir positif cenderung membuat pikiran dan hati lebih tenang dan dapat menenagkan pula sistem pembuluh darah dan memperlancara aliran darah karena tidak adanya penekanan dari jaringan otak. Dengan berfikir positif sel-sel otak akan terus memberi sinyal yang baik bagi tubuh. Kondisi ini dapat menangkal efek buruk dari dalam tubuh dan luar tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Mengkonsumsi suplemen dengan wajar

Suplemen dapat membantu tubuh semakin sehat dan memiliki kebugaran sepanjang hari, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan maka enzim pencernaan terganggu dan mengancam keseimbangan metabolisme tubuh. Suplemen mengandung zat kimia yang dapat mengendap dan menghambat aliran darah menuju jantung. Kondisi ini dapat menurunkan kualitas daya tahan tubuh,.

  1. Mandi 2 kali sehari

Mandi adalah proses pembersihan diri terhadap segala kotoraan yang melekat pada tubuh. Mandi juga sebagai jalan termudah untuk menghindari tubuh dari serangan radikal bebas yang hanya menurunkan daya tahan tubuh. Dengan mandi setidaknya dua kali sehari sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi segar dan terhindar dari virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit kulit.

  1. Minum air putih sebanyak mungkin

70 persen tubuh kita terdiri dari cairan air yang gunanya untuk mencegah tubuh terserang dehidrasi. Jika tubuh dalam keadaan dehidrasi maka tubuh akan rentan terserang berbagai macam radikal bebas yang didalamnya terdapat banyak sekali partikel-partikel kecil pembawa penyakit.

Air putih dapat memperlancar kinerja organ seluruh tubuh karena jika tubuh kekurangan cairan maka enzim yang ada ditubuh tak dapat bekerja dengan baik akibatnya daya tahan tubuh anda akan semakin menurun.

  1. Mengkonsumsi buah buahan

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan nutrisi yang selalu dibutuhkan tubuh setiap hari, misalnya mangga, apel, sawo, pisang dan lain lain. Nuritrisi yang ada didalamnya mampu memblokir aktifitas sel bakteri, kuman atau virus dan dapat mempertahankan kesehatan organ tubuh pada berbagai cuaca.

  1. Mengkonsumsi sayuran

Sayuran apapun jenisnya seperti bayam, kangkung, selada, sawi dan sebagainya adalah sumber makanan yang juga dibutuhkan untuk memperbaiki dan mempertahankan kesehatan tubuh. Nutrisi yang ada pada sayuran sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit. Tak heran jika seseoraang yang sedang sakit akan dapat mengalami penyembuhan lebih cepat jika rajin mengkonsumsi sayuran. Nutrisi pada sayuran dapat menggantikan ion tubuh yang hilang sehingga tubuh dapat kembali sehat dan bugar.

 

2 Comments

Leave a Reply