Skip to main content

Sahabat, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda merasa begitu lelah saat di siang hari?. Hal ini mungkin disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi saat sarapan atau makan siang atau bahkan cemilan yang biasa Anda konsumsi. Berikut di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membuat Anda merasa lela.

Berikut ulasanya:

  1. Roti Putih

 

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi seperti roti putih dan nasi putih, maka Anda tidak akan merasa bertenaga sepanjang hari seperti yang Anda harapkan. Makanan yang mengandung indeks glikemik yang tinggi tidak mengandung banyak serat sehingga mudah dicerna oleh tubuh, sehingga  Anda pun tidak memiliki tenaga yang stabil seperti halnya saat Anda mengkonsumsi gandum.

 

  1. Daging Merah

 

Tingginya kadar lemak yang terdapat terkandung di dalam daging merah seperti pada steak dan hamburger dapat membuat Anda merasa mengantuk. Tubuh Anda membutuhkan banyak energi untuk mencerna lemak sehingga energi tubuh Anda pun akan terfokus pada proses pencernaan ini. Mengkonsumsi ikan salmon dari pada daging sapi akan lebih baik, karena ikan salmon mengandung banyak asam lemak omega 3 yang telah terbukti dapat membantu fungsi otak dan meningkatkan konsentrasi.

 

  1. Buah Cerri

 

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa buah ceri dan sari buah ceri merupakan salah satu makanan yang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari karena mengandung banyak melatonin.

 

  1. Gula atau Permen

 

Mengkonsumsi permen yang sangat manis atau gula setelah makan siang dapat membuat Anda merasa mengantuk dengan cepat. Gula akan menstimulasi tubuh Anda untuk melepaskan insulin, yang akan merangsang pelepasan asam amino triptofan secara berlebihan, yang akan membuat Anda merasa mengantuk berat.

 

  1. Kopi

 

Walaupun tampak bertolak belakang, berbagai jenis minuman yang mengandung banyak kafein seperti kopi dan teh mungkin dapat membuat Anda merasa kelelahan.

Memang benar kafein akan membuat Anda segar dalam waktu yang singkat, akan tetapi hanya sekitar selama 1-1.5 jam setelah Anda mengkonsumsi minuman tersebut. Akan tetapi, apa yang akan terjadi setelah efek kafein tersebut habis? Anda pun akan langsung merasa lelah dan mengantuk.

Seorang ahli menganjurkan agar Anda tidak mengkonsumsi lebih dari 300 mg kafein setiap harinya. Akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi kafein sedikit demi sedikit dalam waktu yang lama, mungkin hingga siang hari sehingga Anda pun akan tetap merasa segar bertenaga hingga sore.

 

 

 

Sumber: foxnews

 

Leave a Reply