Skip to main content

Diakhir tahun kemarin ada ungkapan “Generasi Micin”. Ungkapan┬átersebut ditujukan untuk remaja-remaja yang melakukan hal-hal bodoh. Yang terlintas dibenak masyarakat pun adalah, MSG atau micin dapat menyebabkan kebodohan. ┬áLalu apakah MSG berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, dan apa dampaknya pada tubuh kita? Adakah manfaat MSG bagi kesehatan tubuh kita?

Jawabannya adalah . . .

Micin atau vetsin merupakan salah satu bahan penyedap yang umum digunakan. Micin mengandung zat Monosodium Glutamat (MSG). Menurut BPOM dan WHO vetsin termasuk dalam klasifikasi bahan makanan yang cukup aman.

Anggapan yang beredar di masyarakat bahwa MSG dapat merusak otak dan menurunkan kecerdasan adalah keliru. Menurut hasil evaluasi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, penelitian yang membuktikan kerusakan otak akibat MSG adalah kurang valid, karena sampel penelitian menggunakan subjek tikus atau primate (selain manusia) dalam dosis tinggi tidak mungkin terjadi pada manusia, dan MSG yang diberikan dengan cara disuntikan, bukan dikonsumsi dari makanan.

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan efek berbahaya MSG terhadap otak. MSG aman dikonsumsi selama tidak berlebihan. Dosis MSG yang direkomendasikan oleh Us Food and Drug Administration (FDA) adalah sekitar 30 mg/kg BB. Misal, BB anda 50 kg, maka dosis MSG yang direkomendasikan adalah sekitar 1,5 gram/hari, tapi itu untuk dosis dewasa, tidak disarankan pada bayi usia kurang dari 12 minggu. Pada dewasa, dosis lebih dari 4 gram per hari dapat menyebabkan kegemukan dan peningkatan indeks masa tubuh.

Respon tubuh terhadap MSG pada tiap-tiap orang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang hipersensitif terhadap MSG. Jika diberikan pada orang hipersensitif, reaksinya bermacam-macam. Seperti pusing, mual, muntah, keringat dingin, gatal dan hiperaktif.

Efek positif dari MSG ialah makanan menjadi lebih enak karena glutamat sehingga merangsang produksi cairan pencernaan yang menyebabkan daya cerna menjadi lebih baik. Selain itu glutamat dalam usus halus berfungsi sebagai sumber tenaga bagi penyerapan unsur-unsur nutrisi ke dalam tubuh. Glutamat memainkan peranan penting yakni sebagai perantara metabolism protein, karbohidrat dan lemak.

Semoga bermanfaat dan salam sehat

 

Sumber : yatimmandiri/23/januari2018

Leave a Reply