Skip to main content

Sahabat wellagree, pastikan mata anda selalu terawat ya sobat, karena mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Tentunya Mata sangat diperlukan dikehidupan sehari-hari.

Namun kita pasti tidak bisa lepas dengan yang namanya penyakit, ada beberapa penyakit mata pasti pernah kita alami, faktor luar seperti polusi yang buruk dan cedera kecelakan menjadi penyebab utama.

Tidak bisa dipungkiri walapun kita sudah berusaha menjaga mata kita agar tetap sehat, ada saja penyebab yang bisa membuat mata kita menjadi sakit. Contohnya jika kita menatap layar computer dalam jangka waktu yang lama hal tersebut tentu akan membuat mata kita menjadi kering.

Berikut beberapa penyakit mata yang mungkin sering kita alami di kehidupan sehari-hari.

1. Buta Warna

Penyebab buta warna kebanyakan mengalami sejak lahir. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik yang terikat dengan Kromosom X.

Penderita buta warna akibat faktor genetik biasanya lebih sering terjadi pada pria dari pada wanita, walau kondisi ini dapat melewati satu generasi., walau sampai dengan sekarang belum ada obat untuk mengobati buta warna, para penderita buta warna biasanya beradaptasi dalam hal mengatasi perbedaan warna.

Di dunia medis sendiri ada lensa mata khusus yang biasa di gunakan membantu para penderita buta warna untuk menjalani kegiatan seharii-hari.

2.  Bintitan (Hordeolum)

Mata bintitan atau dalam dunia medis disebut  Hordeolum  bisa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak, penyakit ini biasa di sebabkan oleh bakteri jahat yang bernama Stafilokokus.

Sebenarnya untuk penyakit mata bintitan itu sendiri bisa di sembuhkan dalam jangka waktu yang cepat kurang lebih 1 sampai 2 minggu, cara yang sangat mudah dan cepat untuk menyembuhkan mata bintitan adalah dengan cara mengompres mata dengan air hangat, cara ini sangat efektif mengurangi rasa gatal karena mata bintitan.

Menurut isunya masyarakat menganggap bahwa mata bintitan disebabkan karena suka mengintip.

3. Mata Belekan

Mata belekan biasanya terjadi di pagi hari, biasanya belekan pada mata di pagi hari sudah menjadi kering, hal ini bisa membuat membuat mata anda susah dan berat untuk di buka.

Penderita mata belekan biasanya adalah anak-anak, meski demikian orang dewasa pun tidak juga bebas dari penyakit ini.

Penyebab besar terjadinya mata belekan adalah bakteri, bisa juga di sebabkan oleh alergi, disebakan oleh alergi seperti penggunaan make up yang tidak cocok, debu atau penggunan obat tetes mata

4. Rabun mata

Rabun mata terdiri dari 2, yang pertama rabun mata dekat dan juga rabun mata jauh.

Penyebab penyakit rabun biasanya karena penggunan gadget yang berlebihan dan juga bisa karena faktor usia, rabun jauh biasanya lebih sering di alami oleh anak-anak, rabun jauh membuat penderitanya tidak bisa melihat benda yang jarak nya jauh, penyebab rabun jauh karena penggunan mata yang berlebihan seperti membaca di tempat yang gelap dan juga penggunan gadget .

Sedangkan untuk rabun dekat adalah kebalikannya nya, penderita rabun dekat tidak bisa melihat benda dengan jelas jika dilihat dari jarak yang dekat, biasanya penyakit rabun dekat di alami oleh orang tua yang berumur lebih dari 40 tahun atau lansia

cukup sekian dari kami semoga berita yang saya paparkan di atas dapat bermanfaat bagi anda, keluarga dan masyarakat sekitar. Akhir kata saya ucapkan terimakasih.

 

Sumber:vebma.com

 

 

One Comment

Leave a Reply