Skip to main content

Sahabat perlu anda ketahui apa saja manfaat dari jahe bagi kesehatan tubuh, jahe bukan hanya sebagai rempah-rempah atau bumbu dapur saja. Namun jahe juga bisa di olah menjadi ramuan herbal seperti obat pereda perut kembung dan wedang jahe. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Dengan nama latinnya Zingiber Officinale sp.  Nama ilmiah jahe diberikan oleh WilliamRoxburgh dari kata Yunani Zingiberi. Jahe lebih populer dikalangan masyarakat sebagai rempah-rempah atau bumbu dapu.  Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Manfaat Jahe telah teruji klinis dengan banyaknya bermunculan produk-produk kesehatan yang berbahan dasar Jahe. Oleh karena itu, yuk simak apa aja manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan. Chek it out!

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat anti-koagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

  1. Meredakan Perut Kembung

Bagi kamu yang sering mengalami perut kembung. Tentu saja akan merusak hari-harimu dan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi karena rasa begah di perutmu serta rasa mual yang mengikutinya. Jahe bisa menjadi solusi untuk meredakannya. yakni menggunakan ekstrak jahe yang dicampur air hangat. Ekstrak jahe bermanfaat bagi yang sering mengalami perut kembung dan nyeri. Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pada pencernaan dan iritasi usus.

  1. Mencegah Perut Buncit

Nah, bagi kamu terutama para wanita tentu memiliki perut buncit adalah mimpi buruk yang membuat kamu tak percaya diri memakai baju ketat karena perut buncitmu akan menonjol. Untuk mengurangi perut buncit jahe bisa menjadi solusinya dan dapat kamu tambahkan kedaftar menu dietmu.

Dengan mengkonsumsi jahe (ekstrak jahe) secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

  1. Menghilangkan Sel Kulit Mati.

Regenerasi kulit yakni dimana kulit yang sudah mati harus diangkat dan digantikan sel kulit baru yang lebih muda. Cara menghilangkan sel kulit mati dengan jahe, yakni siapkan tiga tetes air perasan jahe, 2 sendok makan irisan kulit jeruk dan dua gelas garam laut. Aduk rata kemudian oleskan pada seluruh tubuh, sambil dipijat secara lembut. Biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.

  1. Menghilangkan Keriput

Jika anda seorang wanita muda, tapi sudah mendapatkan banyak kerutan dan keriput. tentu saja seketika akan mengurangi rasa percaya diri anda. Masa’ sih masih muda udah keriputan kan gak keren. Hehehe

Mungkin anda perlu membuat ramuan ini di rumah untuk mengatasinya. Sediakan bahan-bahanya berupa jahe parut, kopi, daging Alpukat yang sudah dihancurkan dan minyak daun kayu manis secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh bagian tubuh sambil dipijat-pijat secara lembut. Bilas dengan air hangat untuk membersihkannya. Gunakan secara teratur dan niscaya keriputmu akan memudar dan wwajahmu kembali halus dan bersinar. Cobalah !

sumber:hipwee.com

 

Leave a Reply