Skip to main content

Sahabat, ditengah hiruk-pikuk kesedihan yang melanda negeri ini, sadarkah bahwa masih ada orang-orang di sekeliling kita yang selalu memiliki selera humor sehingga menyebabkan kita tertawa?

Bagaimana menurut Anda tentang Tertawa, adakah manfaat bagi tubuh atau hanya sebuah kesenangan belaka? Pernah dengar kalau tertawa itu menular dan ternyata bisa membakar kalori?

Mengutip dari nationalgeographic.co.id  dengan tertawa selama 10-15 menit, 40 kalori dari tubuh Anda bisa terbakar. Menurut sebuah studi dari  Vanderbilt University, saat tertawa akan terjadi peningkatan denyut jantung dan penggunaan oksigen yang lebih besar. Semua reaksi fisik ini tentu membutuhkan energi, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak daripada ketika Anda sedang diam saja. Meskipun sedikit, tertawa ternyata turut berkontribusi dalam penurunan berat badan ya kalau begitu, atau lebih tepatnya dapat menyehatkan ya dengan membakar kalori tersebut.

Studi demi studi telah menunjukkan manfaat kesehatan dari tawa. Contohnya yaitu sebuah penelitian dari Loma Linda University yang menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya ingat orang dewasa pada usia 60 dan 70-an.

Jadi, masih mau pelit tertawa? Heheheeh tentu tidak ya! Maka mari kita tularkan kebahagiaan dan kesehatan melalui tawa ! Eiits.. Tentu dalam batas toleransi alias tidak berlebihan ya, jangan sampai tertawa terus sampai lupa makan, justru malah membuat sakit nantinya. Semoga bermanfaat !

17 Comments

Leave a Reply