Skip to main content

Sahabat, kini Sebagian masyarakat mungkin hanya memanfaatkan buah pepayanya saja. Namun tahukah Anda, ternyata bagian akarnya pun dapat dikonsumsi sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit serta dapat menjaga kesehatan tubuh Anda secara utuh. Lantas apa sajakah manfaat akar pepaya untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

  1. Mengobati Malaria

Manfaat akar pepaya yang pertama yaitu dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Seperti yang telah diketahui bahwa penyakit malaria dapat berpotensi menyebabkan kematian jika tidak segera dilakukan pengobatan. Oleh karena itu, segera lakukanlah pengobatan, misalnya saja dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti akar pepaya ini.

  1. Mengobati Rematik

Penyakit rematik merupakan suatu jenis penyakit yang dapat menimbulkan rasa sakit yang di bagian persendian. Untuk meredakan rasa sakit akibat rematik ini, Anda dapat membuat ramuan yang terbuat dari akar pepaya ini sebagai obat herbal.

  1. Mengobati Cacingan

Banyak kalangan anak-anak yang mengalami cacingan, hal ini karena mereka masih memiliki pengetahuan yang kurang mengenai kebersihan diri, misalnya saja memakan sesuatu tanpa melakukan cuci tangan terlebih dahulu. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat mengganggu tumbuh kembang sang anak.

Oleh karena itu, jika anak Anda menunjukkan gejala cacingan sebaiknya segera lakukan pengobatan. Salah satu cara untuk mengobati cacingan adalah dengan memanfaatkan akar pepaya. Hal ini karena akar pepaya memiliki suatu kandungan yang mampu mengobati penyakit cacingan secara efektif.

  1. Mengatasi Penyakit Diare

Terdapat suatu penelitian yang telah membuktikan bahwa akar pepaya dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit diare. Anda cukup mengonsumsi ramuan yang terbuat dari akar pepaya, lalu konsumsilah secara rutin. Untuk hasil yang optimal, imbangi dengan pola makan yang baik.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Meskipun kini banyak tersedia obat-obatan untuk menurunkan kolesterol jahat, Anda dapat menggunakan akar pepaya sebagai alternatif lainnya. Anda cukup mengonsumsi akar pepaya sebagai obat herbal dan dikonsumsi secara rutin agar kolestrol Anda tetap aman terkendali.

Anda dapat membuat ramuan ini dengan mencampurkan beberapa bahan lainnya seperti segenggam akar pepaya, daun sambiloto dua genggam, ruas rimpang temulawak dua buah. Rebus semua bahan tersebut dengan tiga gelas air dan sedikit garam. Lakukanlah secara berskala.

  1. Mengatasi Gejala Panas Dalam

Gejala panas dalam dapat menyebabkan rasa tidak enak, terutama pada bagian mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan ramuan akar pepaya yang sudah terbukti ampuh dalam mengobati panas dalam tubuh.

  1. Mengobati Gangguan Kesehatan pada Saluran Kencing

Siapa sangka bahwa khasiat akar pepaya dapat mengatasi gangguan kesehatan pada saluran kecing. Akar Pepaya memiliki suatu senyawa yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kandung kemih. Untuk penggunaannya, Anda dapat meminum air rebusan akar pepaya. Namun disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan yang ahli untuk mencegah terjadinya efek samping akar pepaya.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Segar

Ketika Anda telah melalui berbagai aktivitas fisik dan merasa lelah, maka Anda dapat mengonsumsi ramuan dari akar pepaya untuk membuat tubuh anda menjadi segar kembali. Ramuan yang terbuat dari akar pepaya ini telah lama digunakan sejak zaman dahulu sebagai penambah energi.

Demikian dari kami semoga artikel yang saya paparkan di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda dalam menjalani pola hidup yang lebih sehat. untuk itu saya ucapkan terimakasih

Sumber:kabarsehat.com

One Comment

Leave a Reply